Thursday, October 22, 2020

Mengenal Teknologi Pengusung VR4HR dari ASI Asia Pacific

ASI Asia Pacific adalah konsultan HR berbasis teknologi yang memiliki visi untuk mempermudah pekerjaan HR People sekaligus membantu perusahaan mendapatkan kandidat terbaik. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ASI Asia Pacific memiliki beberapa model soft skills assessment technology yang dapat digunakan perusahaan untuk kebutuhan SDM perusahaan. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah VR4HR.

VR4HR merupakan perangkat virtual reality (VR) yang ditujukan untuk menilai performa calon candidat karyawan maupun karyawan tetap secara digital.  Mengutip situs resminya, perangkat ini disokong oleh 3 teknologi canggih demi output atau hasil penilaian yang akurat. Apa saja teknologi yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

Mengenal Teknologi Pengusung VR4HR dari ASI Asia Pacific


Mixed Reality

Mixed Reality atau realitas campuran merupakan teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan dunia maya (virtual). Teknologi ini akan memungkinkan pengguna (umumnya dalam bentuk perangkat atau handset) atau objek dunia nyata bertemu dengan objek dunia maya dalam satu dunia baru—atau disebut realitas virtual (virtual reality). Pengaplikasian teknologi canggih ini dalam VR4HR berupa proses wawancara atau seleksi kerja di mana kandidat ‘dipertemukan’ dengan objek 3D terkait studi kasus atau task yang sedang dikerjakannya. 

Deep Learning

Deep Learning adalah salah satu bidang kecerdasan buatan. Teknologi canggih yang juga dikenal dengan nama pembelajaran mendalam ini memiliki sistem algoritma pemodelan yang kompleks dan kecerdasan akurat, hingga dapat mencerna sekaligus mengolah data secara bersamaan. Program ini dinamakan ‘deep’ atau ‘dalam’ karena lapisan algoritmanya yang sangat banyak. Mengutip laman Warstek.com, jumlahnya bisa mencapai ratusan lapis. Contoh deep learning yang sudah cukup sering ditemui di dunia canggih ini adalah fitur penerjemahan atau bot layanan (service/chat bot), juga sidik jari (fingerprint) di ponsel.

Dark Data

Pada dasarnya, dark data adalah sebuah kecerdasan buatan yang menyimpan informasi aset dan perusahaan secara digital. Aset informasi ini akan tersimpan selama masih memiliki value atau dibutuhkan hingga waktu yang ditentukanDengan kata lain, dark data memiliki berhubungan yang erat dengan aset informasi perusahaan yang akan selalu tersimpan selama aktivitas bisnis perusahaan masih berlanjut.

Demikianlah ulasan tentang perangkat VR4HR dari ASI Asia Pacific yang dapat Anda gunakan untuk menjaring calon kandidat maupun melakukan pelatihan skill pada karyawan lama perusahaan Anda. Dengan kemampuan menghadirkan realitas virtual, teknologi ini merupakan pilihan tercanggih bagi perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang berisiko tinggi. Semoga bermanfaat.